Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Prada TNI Ginanjar Meninggal Ditembak KKB Papua: Perut Tertembak | Polisi Bakal Datangi Rumah Warga yang Lolos Mudik Lebaran 2021 | Pria Berbadan Gempal Bentak Petugas Pos Penyekatan Jembatan Suramadu, Videonya Viral | Satgas Nemangkawi Tangkap Pemilik Akun Facebook Pelaku Penyebar Ujaran Kebencian | Chord Kunci Gitar Preman Braves Boy Cover Ndarboy Genk | Hasil Donasi Konser Amal Daring Peduli Jateng Diserahkan ke Seniman hingga Pengrajin Alat Musik | Wacana Presiden 3 Periode, Perludem Ingatkan Amanat Reformasi 98 | Kabar Terbaru Pria Pengancam Penggal Kepala Presiden, HS Gelar Pernikahan di Rutan Polda Metro Jaya | Hasil Liga Italia, Inter Milan Kalah dari Lazio dengan 1-3  | Jadwal Imsak dan Buka Puasa Hari Ini Makassar, Ramadhan Hari ke-30, Sabtu 23 Mei 2020 | Timnas Timor Leste Siap Hadapi Lawan Berat di SEA Games | Update Virus Corona Jawa Tengah Sabtu 22 Agustus 2020 | Rizky Billar dan Lesti Kejora Buat Perjanjian Pranikah, Begini Isinya | Simak Prakiraan Cuaca BMKG Di Kabupaten Karanganyar Hari Ini, Jumat 20 Desember 2019 | CSE Unika Soegijapranata Donasikan Masker untuk Security di Lingkungan Kampus | Deklarasikan Demak Bermasker, Forkopimda Bagi-bagi Masker ke Warga | Beberapa Daerah di Pantura Barat Jateng Masih Butuh Tambahan Vaksin Sinovac  | Detik-detik Petani Tebu Majalengka Diserang Hingga Buyut dan Yaya Tewas, Polisi Tangkap 19 Orang | Info Pemeliharaan Jaringan PLN ULP Magelang Kota 29 September 2021 | Antisipasi Lonjakan Pasien Sampai Tak Kebagian Tempat di IGD, RSUD RA Kartini Dirikan Tenda Darurat | Enggak Usah Penjara, Malaikat Maut Datangi Ayah, Ayah Senyum, Kata Ahmad Dhani ke Dul Jaelani | Mbak GP Istri Anggota DPRD Tipu Arisan Online Hoki, Member Rugi Ratusan Juta Rupiah | Arsjad Rasjid: Semoga Lebaran Membawa Babak Baru yang Lebih Baik | Jadi Asisten Raffi Ahmad, Merry Sebut Punya Utang di Bank Demi Beli Tambak Udang | Berita Duka, Lie Joe Sing Meninggal Dunia di Semarang | UPDATE Corona Indonesia 20 April 2021: Total 1.614.849 Positif, 1.468.142 Sembuh, 43.777 Meninggal | Video Bengkel Restorasi Workshop Seli Garap 30 Unit Per Bulan | Fenomena Gerhana Bulan Total Terjadi Rabu, 26 Mei 2021, Ini Daftar Wilayah yang Bisa Melihat | Vaksinasi Covid-19 Tetap Jalan Selama Ramadhan 2021, Penerima Vaksin yang Puasa Perhatikan Hal Ini | Jadwal Imsak dan Buka Puasa Hari Ini Magelang, Ramadhan Hari ke-30, Sabtu 23 Mei 2020 |

Anda sedang membaca Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Prada TNI Ginanjar Meninggal Ditembak KKB Papua: Perut Tertembak - JATENGKOTA mohon pertahankan, kami selalu update berita terbaru hari ini singkat, padat dan terpercaya.

Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Prada TNI Ginanjar Meninggal Ditembak KKB Papua: Perut Tertembak


Oleh : JATENGKOTA | on
Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Prada TNI Ginanjar Meninggal Ditembak KKB Papua: Perut Tertembak

JATENGKOTA - Kontak senjata Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) dengan anggota prajurit TNI kembali terjadi di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Senin (15/2/2021).

Dalam serang terbaru ini, seorang Anggota Yonif Raider 400/BR gugur.

Prajurit TNI yang gugur atas nama Prada Ginanjar.

Dari data yang berhasil dihimpun jenazah Prada Ginanjar sudah berhasil di evakuasi dari Sugapa Intan Jaya ke Timika.

Jenazah di evakuasi dengan menggunakan Helly Bell dan tiba di Lapangan Bola Mako Brigif Raider 20/3/IJK Kostrad. Jalan poros Mapuru Jaya.

Kemudian jenazah dibawa dengan ambulans menuju Rumah Sakit Mitra Masyarakat Timika.

Asops Kogabwilhan III Brigjen Suswatyo membenarkan adanya prajurit gugur saat melaksanakan tugas di Intan Jaya.

"Jenazah prajurit yang gugur sudah berhasil di evakuasi dari lokasi kejadian. Saat ini disemayamkan di Yonif 754,"ucapnya saat dihubungi via telepon selulernya.

Korban terkena tembakan di bagian perut.

Meski Brigjen Suswatyo tidak memberikan keterangan terkait kronologis kejadian.

Rencananya, jenazah akan diberangkatkan ke Jakarta Selasa besok menggunakan pesawat komersil untuk selanjutnya dimakamkan di kampung halaman, Sunda Jawa Barat.

Mengenai kronologis kejadian, pihak Kodam XVII Cenderawasih belum memberikan keterangan resmi.

Juru Bicara OPM Sebby Sambon membenarkan adanya aksi baku tembak dengan pasukan TNI di Intan Jaya.

"Hari Jumat lalu dan hari ini, TPN dengan TNI baku tembak, kami sudah terima laporan dari lapangan," kata Sebby saat dikonfirmasi via selulernya.

Pasukan TPNPB-OPM telah menembak mati seorang anggota TNI di Intan Jaya Papua

"Kontak senjata terjadi antara Pasukan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) dan Pasukan Kriminal TNI & PORLI pada tanggal 15 February 2021 pukul 8 pagi di Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua di Kampung Mamba. Dalam kontak senjata tersebut Pasukan TPNPB berhasil menembak Mati 1 Anggota Militer Indonesia (TNI) atas Nama Prada Ginanjar dari yonif Raider 400," kata Sebby.

Sampai Saat ini kontak senjata masih berlanjut. TPNPB KODAP VIII Intan Jaya dibawah Piminan Sabinus Waker bertanggungjawab.

"Penyerang ini dipimpin langsun oleh Komandan KOMPI yaitu O. Kogeya," kata Sebby.

Dengan melihat eskalasi Konflik Perang anatar Pasukan TPNPB dan Pasukan Kriminal TNI & Polri di Papua, maka Manajemen Markas Pusat Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNB) sampaikan kepada Pemerintah Republik Indonesia bahwa Perang Pembebasan Nasional yang dilakukan oleh Pasukan TPNPB tidak akan berhenti.

"Oleh karena itu Pemerintah Indonesia menbuka diri dan bersedia duduk di meja perundingan bersama Pimpinan TPNPB dan semua elemen perjuangan guna mencari solusi," ajak Sebby.

Sebelumnya dua prajurit TNI gugur menghadapi serangan KKB Papua di Kampung Titigi, Distrik Sugapa, Intan Jaya, Papua, Jumat (22/1/2021) pagi.

Pratu Roy Vebrianto, prajurit Yonif R 400/BR  dan Pratu Dedi Hamdani prajurit Yonif 408/Suhbrastha gugur sebagai kesuma bangsa.

"Dua korban penembakan KKB meninggal dunia saat dievakuasi ke Timika dengan menggunakan helikopter Caracal," ujar Kepala Penerangan (Kapen) Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Kogabwilahan III) Kolonel Gusti Nyoman Suriastawa, dalam keterangan tertulis, Jumat sore.

Ucapan duka dari Yonif 408/Suhbrastha atas gugurnya prajuritnya Pratu Dedi Hamdani (facebook)
Suriastawa menjelaskan, Roy Vebrianto gugur setelah KKB memberondong peluru secara membabi buta.

Peristiwa penembakan itu terjadi ketika Roy Vebrianto baru melaksanakan salat subuh.

Sementara, Pratu Dedi Hamdani meninggal saat melakukan pengejaran KKB.

Pratu Dedi Hamdani mengejar KKB setelah Pos Titigi menjadi sasaran penembakan.

"Korban juga ditembaki secara membabi buta dari arah ketinggian di hutan yang terletak antara Kampung Sugapa Lama dan Kampung Hitadipa," ucap Suriastawa.

TNI melaporkan kontak tembak TNI dan KKB berlangsung pada Jumat pagi.

Baku tembak berlangsung hingga Jumat siang

Dandim 1705/Nabire, Letkol Benny Wahyudi saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat siang mengatakan KKB menyerang Pos TNI Titigi, Distrik Sugapa, dari lokasi yang lebih tinggi.

Akibat serangan itu, Pratu Roy Vebrianto gugur setelah mengalami luka tembak di dada kanan.

"Ya, Pratu Roy (gugur)," ujar Dandim 1705/Nabire, Letkol Benny Wahyudi saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat siang.

Benny menambahkan, jenazah Pratu Roy Vebrianto sudah dievakuasi ke Mimika menggunakan Helikopter Caracal sekitar pukul 08.30 WIT. 

Benny menjelaskan, ini bukan kali pertama Pos TNI Titigi diserang KKB pada Januari 2021.

Pada 10 Januari, pos itu juga diserang KKB.

Akibat penyerangan itu, Pratu Agus Kurniawan gugur.

"Ini lokasi yang sama dengan lokasi tewasnya Pratu Agus Kurniawan. Koramil sekarang Siaga, tingkatkan kewaspadaan," kata Benny.

Menurut Benny, KKB pimpinan Sabinus Waker diduga menjadi dalang di balik penyerangan kali ini.

Kelompok itu juga diduga dalang di balik penyerangan pada 10 Januari.

"Mereka menyerang sejak jam 07.00 WIT, ini masih kelompok yang sama (kelompok Sabinus Waker)," kata dia.

"Kontak terakhir terjadi sekitar jam 12.00 WIT. Yang pertama (KKB menyerang) dari ketinggian, yang kedua kontak langsung," kata dia.

(*)

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul KABAR DUKA, Prada Ginanjar Gugur saat Baku Tembak dengan KKB Papua di Intan Jaya

Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

Baca Juga

COMMENTS