13 Pertanda Besar Hari Kiamat Semakin Dekat | Guru Besar Gugat Rektor Undip: Prof Suteki Merasa Tak Pernah Diklarifikasi | Hendi Akan Salat Id di Balai Kota Semarang, Lanjut Berkumpul dengan Keluarga | Undip Miliki 170 Guru Besar Lima Tahun Lagi, Saat Ini Baru 122 Profesor Aktif | Jadwal Buka Puasa dan Azan Magrib di Tanjungpinang Senin, 3 Mei 2021, Beserta Doa Buka Puasa | Hasil Babak Pertama Bali United vs PSM Makassar, BRI Liga 1 2021, Spaso Bawa Tuan Rumah unggul 2-1 | Sinopsis Drakor The Gang Doctor Episode 17 Drama Korea Tayang di NET Pukul 16.45 WIB | Syarat Bikin E-KTP Baru yang Rusak Online di Purworejo daru Rumah Saja | Rayakan HUT RI, Warga Pekuncen Wiradesa Makan Bersama Menu Tradisional | Jalur Pendakian Baru Gunung Lawu Akan Segera Diresmikan, Perhutani Ingatkan Soal Faktor Keselamatan | Pria Klaten Bunuh Sahabat, Pelaku Cemburu Tuding Korban Selingkuh dengan Istrinya | Dua Pelaku Ditolak Saat Minta Jatah Sebelum Cekik NH, Rekonstruksi Kasus Pembunuhan di Tegal | China Terbangkan 25 Jet Tempur dan Pengebom ke Taiwan, Disebut sebagai Serbuan Terbesar | LOGIN www.prakerja.go.id, Ini Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 21 dan Syaratnya | Sebelum Hadapi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Thailand Uji Coba Lawan Brasil | Kesbangpol Jateng Ajak Pelaku Usaha Tingkatkan Ketahanan Ekonomi Berbasis Kearifan Lokal | Begini Cerita Hanif Alattas Soal Sang Mertua Rizieq Shihab Selama di Dalam Rutan Bareskrim | 2 Olahan Jahe Ini Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh Saat Pandemi Corona | Billy Syahputra Ditipu Ojek Online, Sudah Transfer Tapi Makanan Tak Kunjung Datang | Jadwal Imsak dan Buka Puasa Hari Ini Surabaya, Ramadhan Hari ke-6, Minggu 18 April 2021 | Air Kelapa Bisa Cegah Penuaan Dini Sekaligus Turunkan Berat Badan | Sinopsis Film 12 Strong: Aksi Angkatan Darat AS Melawan Tentara Afghanistan, Tayang Malam Ini |

Anda sedang membaca 13 Pertanda Besar Hari Kiamat Semakin Dekat - JATENGKOTA mohon pertahankan, kami selalu update berita terbaru hari ini singkat, padat dan terpercaya.

13 Pertanda Besar Hari Kiamat Semakin Dekat


Oleh : JATENGKOTA | on
13 Pertanda Besar Hari Kiamat Semakin Dekat

Pertanda Besar Hari Kiamat Semakin Dekat

JATENGKOTA - Tentang datangnya hari Kiamat, menurut syariat Islam maka tidak ada seorang pun yang mengetahui, baik malaikat, nabi, maupun rasul, masalah ini adalah perkara yang ghaib dan hanya Allah sajalah yang mengetahuinya.

Sebagaimana yang disebutkan dalam ayat-ayat Al-Qur'an dan hadits Muhammad yang shahih. Allah berfirman:

“Mereka bertanya kepadamu tentang Kiamat: ‘Kapankah terjadinya.’

Katakanlah: ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari Kiamat itu adalah pada sisi Rabb-ku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia.

Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba.’ Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya.

Katakanlah: ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari Kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui. (Al-A’raaf: 187)”

Juga dalam firman-Nya:

“Manusia bertanya kepadamu tentang hari Berbangkit. Katakanlah: ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari Berbangkit itu hanya di sisi Allah,’ dan tahukah kamu wahai (Muhammad), boleh jadi hari Berbangkit itu sudah dekat waktunya.” (Al-Ahzaab: 63)”

Muhammad pernah ditanya oleh Malaikat Jibril yang datang dalam wujud seorang Arab Badui, kemudian Jibril bertanya tentang kapan akan terjadinya hari kiamat, akan tetapi Muhammad tidak mengetahui pula masalah tersebut.

Meskipun waktu terjadinya hari Kiamat tidak ada yang mengetahuinya, akan tetapi Allah memberitahukan kepada Rasul-Nya tentang tanda-tanda Kiamat tersebut. Kemudian Muhammad menyampaikan kepada ummatnya tentang tanda-tanda Kiamat. Para ulama membaginya menjadi dua:

Tanda-tanda kecil

Tanda-tanda besar.

Pertanda besar

Tanda kiamat besar adalah perkara yang sangat besar yang muncul di mana kiamat sudah sangat dekat sekali,

kemunculannya tidak biasa terjadi dan mayoritas tanda-tandanya belum muncul, seperti muncul Dajjal, Nabi Isa, Ya’juj dan Ma’juj, terbit matahari dari Barat, dan lain-lain.

Hudzaifah bin Arsyad al-Ghifari berkata, sewaktu kami sedang berbincang, tiba-tiba datang Nabi Muhammad kepada kami lalu bertanya, “Apakah yang kamu semua sedang bincangkan?” Lalu kami menjawab, “Kami sedang membincangkan tentang hari Kiamat.” Muhammad bersabda: “Sesungguhnya kiamat itu tidak akan terjadi sebelum kamu melihat sepuluh tanda.

  kesepuluh tanda besar kiamat yang telah diucapkan oleh Muhammad adalah sebagai berikut:

1. Muncul dukhan (asap) yang menutupi bumi selama 40 hari,

2. Munculnya Dajal,

3. Turunnya Nabi Isa,

4. Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj,

5. Munculnya Dabbatul Ard yaitu monster melata dari perut bumi,[54]

6. Matahari terbit dari sebelah barat,

7. Tiga gerhana terjadi di Timur, Barat dan Jazirah Arab,

8. Keluarnya api dari kota Yaman menghalau manusia ke tempat pengiringan mereka yaitu mahsyar.

Kemudian tanda-tanda yang lainnya adalah sebagai berikut:

9. Bangsa Arab akan dipimpin oleh seorang dari keturunan Muhammad dengan nama yang sama persis yaitu, Muhammad bin Abdullah alias Imam Mahdi.

10. Muncul angin yang lebih lembut dari sutera dari Yaman,

11. Hilangnya Islam, Al Qur'an dan musnahnya orang-orang shaleh,

12. Manusia kembali ke zaman jahiliah dan penyebahan berhala,

13. Penghancuran Ka'bah oleh Dzus-Suwaiqatayn,

Perbedaan antara pertanda kiamat kecil dan besar 

Perbedaan antara tanda-tanda kiamat kecil dan kiamat besar adalah sebagai berikut:

Tanda-tanda kiamat kecil secara umum datang lebih dahulu dari tanda-tanda kiamat besar.

Tanda-tanda kiamat kecisebagiannya sudah terjadi, sebagiannya sedang terjadi dan sebagiannya akan terjadi. Sedangkan tanda-tanda kiamat besar belum terjadi.

Tanda kiamat kecil bersifat biasa dan tanda kiamat besar bersifat luar biasa.

Tanda kiamat kecil berupa peringatan agar manusia sadar dan bertaubat. Sedangkan kiamat besar jika sudah datang, maka tertutup pintu taubat.

Tanda-tanda kiamat besar jika muncul satu tanda, maka akan diikuti tanda-tanda yang lainnya, dan yang pertama muncul adalah terbitnya matahari dari Barat.

(*)

Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

Baca Juga

COMMENTS